Jenis-jenis Kaca Menurut Tingkat Kekuatannya
Jenis-jenis Kaca Menurut Tingkat Kekuatannya

Jenis-jenis Kaca Menurut Tingkat Kekuatannya

Posted on

Jenis-jenis Kaca Menurut Tingkat Kekuatannya – Pada jaman dulu, kaca cuma di buat dengan bentuk transparan. Tetapi bersamaan dengan perubahannya, terdapat beberapa kaca-kaca baru yg terwujud. Bukan sekedar bening, kaca dapat juga di buat berwarna-warni atau gelap di satu diantara sisinya. Banyak macam kaca itu sudah pasti bisa mempermudah kita untuk pilih kaca yg sesuai sama desain tempat tinggal yg menginginkan dibuat.

Jenis-jenis Kaca Menurut Tingkat Kekuatannya

Jenis-jenis Kaca Menurut Tingkat Kekuatannya
Jenis-jenis Kaca Menurut Tingkat Kekuatannya

Berikut Jenis-jenis Kaca Menurut Tingkat Kekuatannya

Jenis-jenis Kaca Menurut Tingkat Kekuatannya
Jenis-jenis Kaca Menurut Tingkat Kekuatannya

Di bawah ini beberapa macam kaca menurut tingkat kemampuannya :

  1. Kaca annealed yaitu kaca yg di buat lewat sistem pendinginan demikian rupa. Sesudah diciptakan, kaca itu didinginkan dengan bertahap-tahap. Mengakibatkan kaca ini memiliki ketahanan yg tidak rata hingga begitu rawan pada perubahan cuaca yg berlebihan. Di Indonesia, kaca ini banyak digunakan untuk membikin jendela serta pintu.
  2. Kaca toughened yaitu kaca annealed yg dipanaskan dengan suhu yg tinggi, lantas dialiri desakan udara di atasnya. Akhirnya muncul corak-corak yg ciri khas karna sisi ketidaksamaan temperatur pada permukaan kaca yg lebih cepat dingin dengan sisi dalamnya. Kaca toughened yg pecah juga tidak hasilkan pecahan yg mempunyai ujung runcing hingga cukup aman.
  3. Kaca coating yaitu kaca yg dilapis dengan beberapa bahan kimia spesifik. Coating yg digunakan biasanya berbentuk anti gores serta berwarna. Contoh dari kaca ini diantaranya cermin serta kaca mosaik.
  4. Kaca laminasi yaitu kaca yg dilapis memakai bahan laminasi. Maksudnya yakni meredam getaran atau nada yg diakibatkan oleh kaca. Kaca yg dilapis dengan bahan vinyl umpamanya menyebabkan sambungannya jadi lebih erat dengan kaca-kaca yang lain. Kaca laminasi banyak diterapkan pada bebrapa tempat tinggal yg terdapat di lingkungan yg memiliki suhu berlebihan.
  5. Kaca single pane mempunyai keunggulan pada tingkat isolasinya yg relatif lebih rendah. Sedang kaca double pane memiliki kelebihan untuk tingkatkan pemakaian daya dengan efektif. Penggunaan ke-2 kaca ini umumnya dipadukan dengan gas argon untuk tingkatkan sebagian keunggulan yg dipunyainya.
  6. Kaca tinted yaitu kaca yg dihiasi dengan warna yg khusus. Kaca ini bukan sekedar didesain untuk kepentingan estetika semata, tetapi maksud intinya yakni mendatangkan kaca yg dapat kurangi radiasi cahaya matahari yg masuk kedalam tempat tinggal lewat jendela. Misalnya yaitu tinted-heat absorbing glass.
  7. Kaca low-e yaitu kaca yg memiliki tingkat emisivitas yg begitu rendah. Kaca ini diklaim jadi kaca yg paling baik dalam memantulkan kembali radiasi panas matahari sampai menjangkau lebih dari 70 %. Walau demikian, jumlah sinar yg masuk ke tempat tinggal lewat kaca ini sama juga dengan kaca transparan. Jadi dapat ditebak bila ruang yg diperlengkapi dengan kaca low-e juga akan terang-benderang namun tidak panas.
  8. Kaca tempered yaitu kaca yg di buat dengan ukuran yg lebih tidak tipis dari pada lembaran-lembaran kaca umumnya. Kaca tempered adalah kaca paling kuat yg bagus digunakan untuk membikin pintu serta jendela yg aman. Bahkan juga kaca ini dapat juga dipakai jadi anak tangga.
  9. Kaca security yaitu kaca yg di buat dengan maksud keamanan. Bentuk kaca ini umumnya buram serta tidak tembus sinar. Untuk Anda yg menginginkan ruang berjendela kaca dengan tingkat keamanan yg betul-betul terjamin, jadi Anda harus memakai kaca security Jenis-jenis Kaca Berdasarkan Karakteristiknya Terhadap Cahaya

One thought on “Jenis-jenis Kaca Menurut Tingkat Kekuatannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *