Keunggulan dan Kekurangan Beton Ringan
Keunggulan dan Kekurangan Beton Ringan

Keunggulan dan Kekurangan Beton Ringan

Posted on

Keunggulan dan Kekurangan Beton Ringan – Ramainya pemakaian beton jadi bahan baku pendirian bangunan mendorong terwujudnya beragam beton type baru. Satu diantaranya adalah beton enteng dengan kata lain ALC (Aerated Lightweight Concrete) atau AAC (Autoclaved Aerated Concrete). Beton ini terbuat dari pasir silika, semen, kapur, air, serta zat aditif yg setelah itu diolah memakai desakan uap air.

Dimaksud beton enteng karna berat rata-rata beton ini lebih enteng dari pada berat beton biasanya. Bahkan juga berat beton enteng dapat ditata demikian rupa supaya sesuai sama keperluan. Umumnya beton ini mempunyai bobot yg sekitar pada 600-1600 kg/m3. Jadi kelebihan paling utama beton enteng terdapat pada bobotnya yg lebih enteng hingga bisa kurangi bobot bangunan dengan penting.

Keunggulan dan Kekurangan Beton Ringan

Keunggulan dan Kekurangan Beton Ringan
Keunggulan dan Kekurangan Beton Ringan

Berikut Keunggulan dan Kekurangan Beton Ringan

Keunggulan dan Kekurangan Beton Ringan
Keunggulan dan Kekurangan Beton Ringan

Terdapat banyak keunggulan yg dipunyai oleh beton enteng ini, diantaranya :

  • Balok-balok beton enteng gampang sekali dibuat. Sistem pemotongannya juga dapat dikerjakan dengan cepat serta akurat untuk penuhi keperluan pembangunan. Tidaklah perlu memakai alat potong spesial, sebab balok beton enteng ini dapat dipotong dengan mudah cukup menggunakan gergaji.
  • Keperluan beton enteng dalam satu project pembangunan bisa dihitung dengan pas karna ukurannya yg akurat. Memiliki bentuk yg gampang sesuai dengan keperluan juga sangat mungkin penggunaannya dapat dikerjakan semaksimal mungkin saja. Hingga peluang balok-balok beton yg tersisa diakhir pembangunan bisa diminamilisir.
  • Penggunaan beton enteng bisa meminimalkan pemakaian material-material yg yang lain. Misalnya dalam pembuatan dak lantai memakai bahan ini, jadi tidak dibutuhkan sekali lagi bahan penambahan berbentuk batu atau kerikil untuk isi lantai beton. Cost pembangunan susunan sloof serta pondasi dapat juga dikurangi. Dengan hal tersebut sistem pelaksanaan konstruksi juga jadi lebih sederhana.
  • Karna memiliki bobot yg tidaklah terlalu berat, cost transportasi yg dibutuhkan untuk mengangkut beton enteng dari pabrik ke tempat pembangunan juga dapat dihemat. Keuntungan ini juga akan makin bertambah jika jarak pada pabrik dengan tempat project makin berdekatan.
  • Ringannya bobot yg dipunyai oleh material ini dapat juga dirasa oleh beberapa tukang bangunan yg memasangnya. Mereka juga akan terasa tidak cepat capek, jauh berlainan waktu membangun beton konvensional. Jadi saat pelaksanaan project juga dapat lebih singkat.
  • Beton enteng tidak memerlukan ikatan semen yg terlalu tidak tipis untuk melindungi tempatnya. Anda cukup memakai adonan semen setebal 3 mm diantara balok-balok beton enteng ini.
  • Beton enteng juga berbentuk tahan pada panas serta api sebab mempunyai berat type yg rendah, kedap nada, tahan lama, kuat tapi enteng, dan tahan gempa. Diluar itu beton juga aman serta nyaman karna mempunyai sebagian sifat beda yakni anti serangga, anti jamur, dan tidak alami rapuh, bengkok, berkarat, maupun korosi.

Sayangnya, beton enteng juga memiliki beberapa kekurangan yaitu :

  • Ukuran beton enteng yg besar mengakibatkan penggunaan ruangan yg cukup besar saat diterapkan di bangunan yg memiliki ukuran menengah. Tukang bangunan yg juga akan memasangnya harus juga mempunyai ketrampilan yg tinggi karna bila salah efeknya akan merasa segera untuk waste serta kwalitas pemasangannya.
  • Beton enteng memiliki nilai kuat tekan yg terbatas (compressive strength). Jadi tidak dianjurkan memakai material ini jadi bahan perkuatan bangunan.
  • Harga beton enteng relatif lebih mahal dibanding dengan harga balok-balok beton umumnya. Di market Indonesia, harga rata-rata beton enteng yaitu Rp 6-8 ribu/balok, dimana tiap-tiap 1 m2 memerlukan 8-9 balok. Hingga harga balok beton ini per 1 m2 yaitu Rp 48-72 ribu.
  • Diperlukan bahan perekat spesial untuk membuat balok-balok ini jadi beton. Umumnya beberapa pekerja memakai mortar atau semen instan. Bahan ini berniat diambil karna mempunyai komposisi yg termonitor dengan baikĀ Membuat Kaca Cermin Sendiri

One thought on “Keunggulan dan Kekurangan Beton Ringan

  1. Pingback: Apa itu Semen?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *