Macam-macam Amplas serta Kegunaannya
Macam-macam Amplas serta Kegunaannya

Macam-macam Amplas serta Kegunaannya

Posted on

Macam-macam Amplas serta Kegunaannya – Amplas atau kertas pasir adalah alat semacam kertas yg dapat digunakan untuk melembutkan permukaan satu benda. Langkah memakainya yakni dengan menggosokannya sisi amplas yg kasar ke permukaan benda dengan pergerakan yg searah serta berkali-kali. Amplas biasanya dipakai oleh beberapa pekerja, baik tukang bangunan, tukang kayu, tukang bengkel, dan sebagainya.

Macam-macam Amplas serta Kegunaannya

Macam-macam Amplas serta Kegunaannya
Macam-macam Amplas serta Kegunaannya

Berikut Macam-macam Amplas serta Kegunaannya

Macam-macam Amplas serta Kegunaannya
Macam-macam Amplas serta Kegunaannya

Amplas bisa dibedakan menurut fungsinya. Untuk mempermudah beberapa pemakai, produsen amplas sudah memberi kode berbentuk nomor yg didasarkan pada tingkat kehalusan partikel-partikel penyusunnya. Pada intinya, makin sedikit nomor yg tercantum pada amplas itu, jadi makin kasar juga struktur yg dipunyainya. Jadi contoh yaitu amplas nomor 40 memiliki struktur yg lebih kasar dibanding dengan amplas nomor 100.

Standard yg dipakai untuk memberi kode nomor disuatu amplas mengacu pada ketetapan CAMI (Coated Abrasive Manufactures Institute) serta FEPA (Federation of European Producers). Standard ini di buat menurut besar kecilnya ukuran grit atau diameter partikel yg membuat dibagian atas amplas. Makin kecil ukuran partikel-partikel abrasif yg membuat, makin halus juga tingkat kekasaran yg dipunyai oleh amplas itu.

1.Amplas Ekstra Kasar

Amplas ekstra kasar memiliki partikel-partikel abrasif penyusun yg berdiameter sekitaran 530-1815 mikrometer. Amplas yg termasuk juga dalam kelompok ekstra kasar diantaranya FEPA nomor P12, P16, P30, serta P32 dan CAMI nomor 24, 30, serta 36. Amplas ini dapat dipakai untuk melembutkan permukaan beragam benda. Amplas ekstra kasar umumnya digunakan dalam step awal sistem pengamplasan.

2. Amplas Kasar

Amplas kasar tersusun oleh partikel-partikel abrasif yg berdiameter pada 336-425 mikrometer. Contoh amplas kasar yakni FEPA nomor P40 serta P50 dan CAMI nomor 40, 50, serta 60. Anda dapat memakai amplas ini untuk menyingkirkan atau mengikis materi-materi penyusun satu benda dalam jumlah yg cukup besar.

3. Amplas Medium

Partikel-partikel yg melekat pada amplas medium mempunyai ukuran yg sekitar 190-265 mikrometer. Amplas yg termasuk dalam grup ini yaitu FEPA nomor P60 serta P80 dan CAMI nomor 80. Untuk Anda yg akan lakukan persiapan pengecatan serta pengamplasan dempul dapat memakai amplas yg berjenis medium ini.

4. Amplas Halus

Amplas ini memiliki struktur halus karna tersusun oleh beberapa partikel abrasif yg berdiameter sekitaran 115-162 cm. Diantara amplas yg dapat dimaksud halus yaitu FEPA nomor P100 serta P120 dan CAMI nomor 100 serta 120. Amplas halus terbaik digunakan untuk sistem persiapan benda kerja sebelumnya dikerjakan finishing.

One thought on “Macam-macam Amplas serta Kegunaannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *