Macam-macam Sambungan Pipa Paralon
Macam-macam Sambungan Pipa Paralon

Macam-macam Sambungan Pipa Paralon

Posted on

Macam-macam Sambungan Pipa Paralon – Terbuat berbahan vinil, pipa PVC banyak dipakai jadi fasilitas pembuatan saluran air. Dalam pemasangannya, pipa ini memerlukan sambungan untuk perpanjang ukuran dan membelokkan arahnya. Terkecuali terbuat dari vinil, sebagian sambungan pipa banyak juga yg memiliki bahan galvanis, kuningan, stainless steel, dsb.

Macam-macam Sambungan Pipa Paralon

Macam-macam Sambungan Pipa Paralon
Macam-macam Sambungan Pipa Paralon

Berikut Macam-macam Sambungan Pipa Paralon

Macam-macam Sambungan Pipa Paralon
Macam-macam Sambungan Pipa Paralon

Berdasar pada desainnya, sambungan pada pipa paralon terbagi dalam sebagian macam. Salah satunya mencakup socket, elbow, tee stuck, reducer, cross, adapter, serta nipple. Penentuan jenis sambungan itu mesti sesuai dengan maksud serta maksudnya. Umpamanya bila Anda menginginkan buat saluran yg bercabang dua, gunakanlah sambungan pipa yg bertipe elbow.

Di bawah ini delapan type sambungan pipa paralon yg pantas Anda kenali :

1.Socket
Socket atau shock adalah sambungan yg bisa digunakan untuk menyambung pipa dengan bentuk yg lurus serta memiliki diameter yg sama. Berarti sambungan ini berperan untuk perpanjang ukuran pipa paralon. Ada 6 type socket pipa PVC yakni socket polos, socket drat luar, socket drat dalam, socket drat luar polos, socket drat dalam polos, serta socket drat luar dalam.

2. Elbow
Ebow, knee, atau L yaitu sambungan yg berupa mirip huruf L. Sambungan dapat dihandalkan untuk membelokkan saluran dengan pojok yg tajam. Sebagian type sambungan elbow diantaranya elbow polos, elbow drat dalam, elbow polos drat dalam, serta elbow 45 derajat. Ada juga elbow berjenis bend yg dipakai untuk membelokkan saluran yg mempunyai radius cukup besar.

3. Tee Stuck
Tee stuck di buat berbentuk seperti huruf T. Manfaat sambungan ini adalah membagi saluran jadi dua arah. Sebagian type tee stuck yakni tee stuck polos, tee stuck drat, double tee stuck, serta Y stuck.

4. Reducer
Sesuai sama namanya, reducer yaitu sambungan pipa yg bertindak jadi peredam untuk mengecilkan aliran didalam saluran. Berdasar pada peranannya, reducer terdiri atas dua type yakni reducer elbow serta reducer socket. Reducer elbow digunakan untuk mengecilkan aliran yg dibelokkan. Sedang reducer socket bermanfaat untuk mengecilkan aliran didalam socket.

5. Cross
Cross adalah sambungan pipa PVC yg dapat dipakai untuk membagi saluran jadi tiga arah yg sama rata. Salah satunya arah kanan, arah tengah, serta arah kiri.

6. Penutup
Ada dua type sambungan pipa yg berperan jadi penutup yakni dop (F) serta plug. Mengenai dop (F) umumnya diaplikasikan ketika kita akan tutup aliran yg ada di ujung pipa. Disamping itu, plug adalah penutup yg dikhususkan untuk tutup sambungan pipa.

7. Adapter
Adapter atau transision adalah sambungan yg berperan untuk menghubungkan dua buah pipa atau lebih yg memiliki ukuran diameter yg berbeda. Bila Anda menginginkan menyambung empat buah pipa yg memiliki diameter yg tidak sama, gunakanlah bushis. Pada prinsipnya, bushis didesain untuk menjadikan satu 4 pipa PVC yg berdiameter berbeda.

8. Nipple
Hexagonal nipple yaitu sambungan yg berperan jadi pengencang pipa. Diberi nama hexagonal karna nipple ini mempunyai penampang yg berupa sisi enam. Sambungan ini biasanya diterapkan untuk mengencangkan sambungan memakai kunci spesial Kekurangan dan Kelebihan Lantai Vinyl yang Harus Anda Tahu

knee paralon, Macam model dan bentuk sambungan paralon

One thought on “Macam-macam Sambungan Pipa Paralon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *