Menyimpan Semen yang Baik
Menyimpan Semen yang Baik

Menyimpan Semen yang Baik

Posted on

Menyimpan Semen yang Baik – Semen yaitu bahan bangunan yg berperan jadi zat pengikat. Material ini adalah bahan baku dalam pembuatan adukan beton untuk kepentingan pendirian susunan serta konstruksi bangunan. Semen sangat mungkin material-material penyusun beton bisa terikat keduanya.

Menyimpan Semen yang Baik

Menyimpan Semen yang Baik
Menyimpan Semen yang Baik

Cara Menyimpan Semen yang Baik

Semen-semen yg telah Anda beli mesti disimpan dengan cara yg baik serta benar. Maksudnya sudah pasti tidak beda yaitu untuk menjaga kwalitas dari semen itu. Semen yg berkualitas bagus diikuti dari butirannya yg terurai serta tampak lembut seperti debu. Apabila Anda salah dalam menaruh semen, jadi mengakibatkan mutunya akan alami penurunan karna menggumpalnya partikel-partikel semen.

Karna mempunyai sifat yg mudah mengeras, material yg membutuhkan perlakuan spesial seperti semen sebaiknya disimpan ditempat yg terlepas dari air. Beri naungan diatas semen itu yg berperan untuk melindunginya dari air hujan dan jauhi menaruh semen bersentuhan segera dengan tanah. Begitu disarankan untuk memberi balok-balok kayu yg dilapis triplek jadi landasan semen.

Langkahnya yg benar dalam penyimpanan semen adalah sebagai berikut.

1.Taruh di Ruang yg Tertutup

Harus hukumnya menaruh semen di ruang yg tertutup dan terlepas dari cahaya matahari serta air hujan. Beri alas berbentuk selembar papan kayu untuk melindungi keadaan semen tetaplah kering. Lebih pas sekali lagi bila kayu itu di buat berongga di bagian bawahnya. Jauhi menempatkan karung semen segera diatas permukaan lantai sebab berisiko terserang kelembapan dari penguapan air atau pengembunan lantai.

2. Susun Paket Semen Dengan Bersilang

Jika Anda punya niat untuk menaruh semen dalam jumlah yg cukup banyak, dianjurkan membuat karung-karung semen itu dengan susunan yg saling-menyilang. Pas sekali, susunan ini serupa seperti pada susunan batubata. Awal mula tempatkan semen dalam tempat yg sejajar, lalu tumpuk semen beda di atasnya tetapi dalam tempat yg berkebalikan dengan tempat susunan di bawahnya. Dengan begini, tumpukan semen itu juga akan tidak gampang terjatuh.

3. Beri Ruangan untuk Aliran Udara

Jangan sampai sekali-kali menumpuk sebagian semen dalam susunan yg rapat. Walau hal itu juga akan menghemat tempat, namun susunan semen yg terlalu rapat menyebabkan udara terjerat di sela-sela paket semen hingga tingkat kelembabannya juga akan bertambah. Bila dilewatkan terus-menerus, makin lama semen juga juga akan menggumpal serta mengeras jadi baru. Lebih direferensikan untuk memberi ruangan atau celah seperlunya diantara tumpukan semen jadi jalur aliran udara.

4. Pakai Semen yg Pertama Kali Disimpan

Supaya keadaan tiap-tiap semen yg disimpan didalam gedung tetaplah terbangun dengan baik, Anda mesti mengaplikasikan cara first in first out. Jadi semen yg lebih dulu masuk kedalam gudang mesti dipakai lebih awal. Masalah dalam tehnik ini yakni semen yg pertama kalinya datang umumnya terdapat di tumpukan yg paling bawah hingga susah di ambil. Untuk menangani persoalan itu, kerjakanlah penimbunan sak-sak semen berdasar pada saat kehadirannya. Jangan sampai sekali-kali menumpuk semen yg datang di hari yg berlainan.

5. Jagalah Keadaan Kebersihan Ruang

Ruang yg jadikan jadi gudang penyimpanan semen mesti selalu dijaga kebersihannya. Tingkat kelembapan ruang itu juga harus dikontrol dengan baik dan diupayakan agar keadaannya tetaplah kering. Satu diantara kunci intinya yaitu dengan melindungi aliran udara didalam ruang supaya selalu bergerak lancar.

6. Tetaplah Tempatkan di Tempat yg Terlindung

Bila karna sebagian argumen spesifik Anda mustahil menaruh semen didalam gudang, tetaplah menempatkan semen tersebut di tempat yg teduh. Intinya yakni tempat yg terlindung dari sinar matahari serta curah hujan yg tinggi. Janganlah lupa tutuplah susunan semen ini memakai kain terpal untuk memberi perlindungan yg lebih maksimumĀ Jenis-jenis Semen Berdasarkan Penggunaannya

One thought on “Menyimpan Semen yang Baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *